Change your Twitter with Twitter Backgrounds
MySpaceLayouts



My Favorite MySpace 2.0 Layouts
MySpaceLayouts

Pages

Powered By Blogger

Jumat, 16 April 2010

Care with y0ur Dog...

Anjing yang rutin dimandikan kesehatan kulit dan bulunya senantiasa terjaga. Ada tujuh cara memandikan anjing yang benar, agar kutu tidak bersarang di kulit maupun bulunya. Hewan peliharaan ini sebaiknya dimandikan satu atau dua kali sebulan
Dengan dimandikan secara rutin bulu anjing tidak gembel dan penampilannya akan semakin menarik. Ada tujuh langkah memandikan anjing yang mudah dilakukan. Namun, sebelumnya harus dipastikan anjing dalam keadaan sehat. Hal tersebut bisa dilihat dari sikapnya yang lincah dan temperatur badannya normal.


Tahapan Mandi:

1. Mula-mula bulu disisir dengan sisir khusus. Maksudnya agar bulu yang tua dan kusut terlepas. Kalau terlihat ada kutunya, kutu diambil dengan menggunakan pinset. Sebaiknya anjing dirantai di bawah perutnya supaya mudah dikendalikan.

2. Di kamar mandi, bulu anjing dibasahi air hangat yang disemprotkan melalui shower. Boleh juga memakai washlap (kain pembasuh), dan ember berisi air hangat bila shower tidak tersedia. Lipat telinga anjing ke bawah sewaktu menyiram bagian kepala agar air tidak masuk ke dalam telinga.




3. Usapkan sampo khusus anjing sedikit demi sedikit dari kepala sampai ekor, lalu digosok dengan kecepatan tetap hingga berbusa. Selanjutnya bulu disikat secara berlawanan arah tumbuhnya memakai sikat mandi, agar kulit dan bulu tercuci sempurna. Lakukan hati-hati untuk mencegah busa sampo mengenai mata anjing.

  4. Setelah sampo diberikan secara merata, anjing disiram kembali hingga bersih. Bila bulunya panjang dan kebetulan sangat kotor, sebaiknya anjing 
diberi sampo dan dibilas sekali lagi.







5. Keringkan bulu anjing memakai handuk. Ganti dengan handuk lain, bila handuk pertama sudah terlalu basah.

6. Pengeringan selanjutnya menggunakan pengering listrik dengan tingkat panas sedang. Sebelumnya anjing dirantai di bagian perut. Sambil dikeringkan, bulu disikat dan disisir secara berlawanan arah tumbuh bulu. Dengan cara ini bulu anjing akan kering namun tidak kusut.

7. Setelah bulunya kering, telinga bagian dalam dikerok menggunakan kapas yang telah diolesi baby oil, dan kuku yang terlalu panjang digunting memakai gunting kuku khusus. Jika bulunya akan dirapikan, pemotongan bulu dilakukan setelah semua tahapan ini selesai dilakukan. Anjing berbulu panjang seperti jenis pudel, shih tzu, pomerian, atau lhasa apso, dianjurkan selalu digunting bulunya sehabis mandi agar tampak rapi. Bulu yang perlu dipotong biasanya di pergelangan kaki, di ujung telinga, dan ujung ekor.

8. Anjing kini sudah rapi dan bersih. Semprotkan sedikit parfum khusus untuk menyempurnakan penampilannya.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar